Solusi Mempertahankan Pancasila Sebagai Dasar Negara

 




Nama Anggota : Najwa Fahrunnisa

                               Raihana Hamidah

                               Hastika Khaerunnisa

                               Zian Ratu Aji 


Solusi Mempertahankan Pancasila Sebagai Dasar Negara

    Salah satu tugas utama dari pemerintah Negara Indonesia adalah menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagi ideologi negara, namun seyogyanya tugas tersebut tidak hanya menjadi tugas negara, melainkan merupakan tugas bersama dari seluruh elemen masyarakat atau rakyat Indonesia, mengingat menjaga dan mempertahankan ideologi negara merupakan bagian dari kewajiban serta tanggungjawab yang suci dari tiap warga Negara Indonesia.
    Berkaitan dengan perihal menjaga dan mempertahankan ideologi negara, Bung Karno pada tahun 1964, melalui ajaran Tri Saktinya telah menegaskan tentang pentingnya berdaulat secara politik. Konsepsi berkedaulatan di bidang politik ini sangat multi tafsir, namun secara implisit konsep ini menekankan pada kedaulatan ideologi yang berarti pentingnya kesetiaan untuk menjunjung tinggi, mempertahankan dan menjalankan Pancasila sebagai dasar negara.
    Jika hal ini dibiarkan maka akan sangat mempengaruhi kemampuan kita sebagai bangsa untuk mempertahankan Pancasila sebagai ideology negara di masa–masa ke depan.Tulisan ini bermaksud untuk menjawab persoalan yang sedang dihadapi bangsa Indonesia saat ini, agar Indonesia mampu mempertahankan ideologi Pancasila sebagai dasar negara dari segala bentuk ancaman maupun tantangan dari berbagai tawaran ideologi lain.
    harapan dari kegiatan ini dapat melakukan analisis atas solusi mempertahankan pancasila sebagai dasar negara
berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajarinya tentang berbagai paradigma, prinsip.
Kegiatan analisis dengan narasumber.
Terdapat narasumber yang dipilih untuk dilakukan wawancara.

Pertanyaan 1
Pewawancara: Bagaimana cara kamu mempertahankan pancasila sebagai dasar negara?
Narasumber: tetap menjadikan nilai nilai pancasila sebagai dasar ilmu.
Pertanyaan 2
Pewawancara: Bagaimana peran pendidikan memperkuat pemahaman dan penerapan pancasila di kalangan generasi muda?
Narasumber : menjadikan nilai nilai pancasila sebagai norma norma kehidupan.
Pertanyaan 3
Pewawancara: Apa langkah langkah yang dapat diambil oleh pemerintah untuk memastikan pancasila tetap menjadi dasar negara yang kuat?
Narasumber: salah satunya di era sekarang, pemerintah mengganti kurikulum baru menjadi kurikulum merdeka, dan mengadakan program p5.
Pertanyaan 4
Pewawancara: Bagaimana masyarakat dapat berkontribusi dalam mempertahankan pancasila sebagai dasar negara?
Narasumber: menerapkan nilai nilai pancasila seperti gotong royong, toleransi dan saling membantu.
Pertanyaan 5
Pewawancara: Apa tantangan terbesar dalam mempertahankan pancasila sebagai dasar negara di era globalisasi?
Narasumber: era digital yang mebuat pancasila bukan lagi sebagai pedoman hidup, karna beberapa orang, merasa ilmu lain lebih masuk akal padahal sudah seharusnya pancasila sebagai dasar ilmu.

Kesimpulan
    Dinamika politik nasional beberapa tahun terakhir menunjukan tensi yang tinggi. Pemerintah telah membangun kelembagaan khusus yang bertujuan untuk merevitalisasi kembali kesadaran hidup berbangsa dan bernegara berdasarkan ideologi Pancasila, namun pada kenyataannya semakin besar upaya pemerintah mensosialisasikan Pancasila nampak semakin besar pula gelombang pergerakan antipati terhadap ideologi Pancasila.
     Artikel ini menegaskan bahwa apa yang dilakukan oleh negara tidak terlalu tepat, karena  yang penting adalah kesadaran revolusioner bersama dari seluruh elemen bangsa untuk mempertahankan ideologi Pancasila sebagai dasar Negara, dan hal itu hanya dapat terlaksanakan jika seluruh masyarakat Indonesia memiliki keinginan baik untuk benar-benar menjalankan nilai-nilai Pancasila.
    Untuk dapat menjalankan Pancasila secara baik dan benar ini, hal itu harus dimulai dari lembaga lembaga pemerintah atau negara, dalam hal ini pemerintah harus mampu terlebih dahulu membangun sistem hukum, norma, nilai dan kelembagaan negara yang berdasarkan Pancasila,sehingga kemudian segala proses internalisasi Pancasila kedalam kelembagaan negara, produk undang-undang dan kebijakan negara tersebut dapat diserap masyarakat secara baik untuk selanjutnya diikuti dan dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERANGKAT KOMPUTER

Pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan

KOMPUTER